Bukan Matahari, Destinasi Wisata di Magelang Ini Sulap Lahan Kosong Jadi Taman Kitiran

taman dewari

Tangan-tangan kreatif berhasil merubah lahan kering yang dulunya tak ternilai, jadi lokasi wisata yang begitu mengagumkan. Terletak di Magelang, Jawa Tengah berdiri sebuah lahan unik yang dipenuhi kitiran alias pinwheel. Taman ini dikenal dengan nama Taman Dewari yang dulunya tumbuh ratusan bunga matahari. Sayangnya bunga matahari tidak bisa terus hidup cantik. Ada kalanya juga bunya tersebut layu dan akhirnya mati.

Tak ingin diam saja melihat peristiwa itu, pengelola Taman Dewari pun mengubah lahannya jadi tempat berdirinya kitiran nan berwarna-warni. Kreatifitas pengelola taman itu pun sukses mendulang kembali ketenaran satu destinasi wisata di Kota Magelang ini. Ide awal pembuatan Taman Kitiran atau Taman Kincir Angin ini bermula saat pemilik Taman Dewari melihat hiasan kincir angin yang terlihat bagitu cantik. Sontak saat melihat kincir angin tersebut, si pemilik tertarik untuk membuatnya sebagai hiasan namuan dalam jumlah yang sangat banyak dan kemudian “ditanamlah”di bekas lahan taman matahari.

Bukan hanya sekedar ide, keinginnaya itu pun akhirnya membuahkan hasil dan terciptalah Taman Kintiran. Ternyata oh ternyata kincir angin mainan yang ada di taman tersebut berjumlah 10.000 kincir yang pengerjaanya dilakukan oleh 5 orang saja. Mereka membuatnya dalam beberapa wakna, yakni merah, biru, pink, dan hijau.

Jika Anda saat ini datang ke Taman Dewari maka Anda akan disambut dengan ribuan kitiran mainan penuh warna bak pelangi. Saking indahnya Taman Dewari saat ini menjadi salah satu spot selfie kekinian anak-anak muda. Bahkan traveler dari luar kota pun banyak yang penasaran dengan keunikan taman wisata itu.

FYI, Taman Kitiran ini ternyata baru saja diresmikan sekitar bulan Oktober 2018 lalu lho. Jadi masih terbilang tempat wisata baru. Untuk mengunjunginya Anda bisa datang ke Dusun Kradenan Kalikuning, Desa Baturono, Salam, Magelang. Dari Candi Borobudur jaraknya masih 10 kilometer lagi. Jalannya terbilang cukup mudah dicari dan bisa dijangkau dengan bus pariwisata juga lho. Biaya masuknya Rp 10.000 dan parkir Rp 2.000 saja kok. Anda bisa berkunjung di sana setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Meski terbilang baru, lokasi Taman Dewari ternyata sudah bisa Anda cari di Google Maps. Meski tergolong tempat wisata outdoor, Taman Kitiran ini menyedikan fasilitas yang layak bagi pengunjung lho. Di sana menyediakan fasilitas umum toilet, mushala, tempat-tempat makan, serta lahan parkir yang luas.

Idenya memang terdengar unik dan nyeleneh, namun yang menarik Taman Kitiran di magelang ini merupakan yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Sebagai warga Indonesia kita patut berbangga dong. Dari 10.000 kitiran berwarna-wani tersebut disusunlah sebuah pola yang mana saat terkena angin kincir angin buatan tersebut akan berputar-putar. Cocokkan untuk dimasukkan di Instagram Story? Menurut sebuah penelitian di US, kitiran atau pinwheel adalah sebuah simbol kesehatan mental anak. Pada mainan, kitiran juga berfungsi sebagai alat terapi mental yang jarang disadari. Kitiran membantu anak-anak meregulasi emosi, dapat melepas stress, dan masih banyak efek kesehatan mentan lainnya saat buah hati kita bermain kitiran.

Cocok banget dong jika Anda mengaja sang buah hati untuk main di Taman Dewari. Melihat ribuan kitiran di sana mereka bisa melepas penat dan kembali bahagia. Tunggu apa lagi, yuk rencanakan liburan bersama anak di Taman Dewari Magelang dengan sewa elf Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *